Home » » 20 Tipuan Film Yang Membuat Kita Takjub

20 Tipuan Film Yang Membuat Kita Takjub

Written By aris kelana on Senin, 15 April 2013 | 14.33

Film-film Hollywood tak jarang memukau penonton dengan terobosan efek visualnya. Adegan-adegan spektakuler di dalamnya membuat penonton takjub dan tak habis berpikir bahwa adegan semacam itu bisa tercipta dalam sebuah film.
Adegan ketika kadal raksasa menyerang kota dalam GODZILLA atau pertarungan dahsyat para Avengers dalam THE AVENGERS yakinlah pasti membuat penonton terksima. Namun, tahukah kamu bahwa semua adegan spektakuler tersebut bisa tergarap hanya dengan sedikit tipuan?
Sebut saja tipuan tersebut sebagai sebuah sihir dalam film. Dengan sedikit trik dan strategi, sebuah adegan bisa tersaji istimewa di mata penonton. Mari kita intip di balik layar beberapa adegan spektakuler Hollywood untuk tahu trik seperti apa yang dipakai dalam proses pembuatan sebuah film!
1. STAR WARS: EMPIRE STRIKES BACK

Semua yang pernah menonton STAR WARS: EMPIRE STRIKES BACK pasti tegang saat sang jagoan utamanya, Luke Skywalker (Mark Hamill) terpojok oleh Darth Vader dan bergelantungan tepat di atas sebuah pemancar. Rasanya merinding membayangkan Luke jatuh ke lubang yang tingginya puluhan meter tersebut.
Beda lagi rasanya kalau ternyata di bawah Mark ternyata disediakan banyak bantal di atas matras. Langsung bayangan kengerian tadi sirna seketika.

2. EMPIRE STRIKES BACK

Satu lagi adegan tipuan dari film kedua saga awal STAR WARS ini. Dalam filmnya penonton dipukau oleh kemunculan AT walkers, kendaraan raksasa menyerupai gajah yang dimiliki oleh pihak musuh. Animasi yang dihasilkan memang sangat bagus, namun saat melihat ukuran aslinya... bayangan dalam benak kita berbeda.

3. RETURN OF THE JEDI

George Lucas, sang sutradara berdiri tepat di sebelah stasiun luar angkasa Death Star yang pada film STAR WARS: RETURN OF JEDI. Jika dalam filmnya stasiun ini nampak angker dan mengerikan, tidak bagi George Lucas yang dengan santai menyentuh tepat di pusat stasiun dengan jari telunjuknya.

4. ALIEN

Bagaimana sosok xenomorph yang besar dan mengerikan itu bisa terlihat luwes di dalam film? Ini jawabnya. Ternyata sosok alien dalam film tersebut diperagakan oleh Bolaji Badejo, mahasiswa desain yang ditemukan oleh kru film di sebuah bar. Ia punya tinggi badan 2 meter lebih.
Sutradara Ridley Scott memang ingin menekankan perbedaan ekstrim antara manusia dan xenomorph untuk menekankan kengerian di benak penonton. Penampilan fisik Badejo cocok dengan keinginan sutradara.

5. GHOSTBUSTER
Penonton generasi sekarang belum banyak yang menonton GHOSTBUSTER. Bagi yang sudah pernah menontonnya, ada satu adegan mengerikan ketika tokoh Sigourney Weaver dijerat dan diseret hantu yang menyerupai anjing (terlihat dari tangannya). Adegan ini dijamin bisa membuat anak kecil yang menontonnya menangis kaget.
Saat tahu bagaiamana cara mengambil gambarnya, sepertinya membayangkan Weaver digerayangi tangan 3 kru film lebih mengerikan.

6. GHOSTBUSTER lagi

Bayangkan ada stuntman yang harus mengenakan baju lapis dua. Yang lapis luar berbahan latex mudah terbakar, sedang yang dalam adalah baju anti kebakaran. Pria di dalamnya lantas mengenakan topeng dan beraksi layaknya raksasa di atas set yang dibuat sedemikian rupa mirip dengan jalanan kota.
Pada zaman dulu untuk mendapatkan efek visual yang diinginkan harus dengan usaha dan trik yang begitu rumit dan mengagumkan.

7. INDIANA JONES: RAIDER OF LOST ARK

Harrison Ford dan John Rhys-Davies dalam filmnya membawa Tabut Perjanjian yang super besar hanya berdua. Keduanya nampak sangat kuat, tapi nyatanya 'Tabut' tersebut sangatlah ringan. Coba perhatian wujud asli 'Tabut' tersebut yang pada filmnya hanya ditampilkan siluetnya saja ini.

8. THE MATRIX
 
THE MATRIX banyak melakukan terobosan efek visual pada zamannya. Salah satu yang paling mengagumkan adalah saat Neo (Keanu Reeves) dan Agen Smith (Hugo Weaving) bertarung dalam gerak lambat dan juga melayang-layang di udara.
Ternyata dengan layar hijau dan banyaknya kamera (lihat titik-titik hitam di layar hijau) semua adegan dalam THE MATRIX terlihat spektakuler.

9. GODZILLA

Penonton sudah tahu sejak lama bahwa pemeran Godzilla harus mengenakan kostum karet yang beratnya kiloan setiap kali memerankan kadal raksasa tersebut. Foto di atas menekankan bahwa menjadi sosok raksasa dengan gerak kaku dan juga berteriak-teriak itu tidaklah mudah.

10. BRAVEHEART

Mel Gibson harus menjalani dua peran dalam film ini. Pertama ia harus berperan sebagai pejuang Skotlandia dan kedua ia harus menjadi sutradara film yang mengarahkan banyak pemain figuran. Terbayang bukan bagaimana ribetnya.

11. TEENAGE MUTANT NINJA TURTLES

Sebelum ada sihir CGI, efek khusus dalam film lawas Hollywood selalu berkaitan dengan kostum dan juga stuntman yang berada di balik topeng tersebut. Terlebih dalam film satu ini, orang yang berada di belakangnya bisa terhitung masih muda.

12. JURASSIC PARK
http://klimg.com/resized/476x/p/tipuanfilm12.jpg
Di tahun 90-an, film JURASSIC PARK merajai perfilman dengan efek visualnya yang mengahumkan. Film ini untuk pertama kalinya menampilkan sosok dinosaurus yang terlihat seperti nyata.
Percayalah bahwa dinosaurus yang muncul dalam film tak dibantuk oleh CGI sepenuhnya. Spielberg beserta kru membuat sebuah robot konsep yang super besar untuk kemudian diperhalus dengan efek visual.

13. HALLOWEN
http://klimg.com/kapanlagi.com/p/tipuanfilm13.jpg
Percaya atau tidak, topeng Michael Myers yang terkenal di film HALLOWEN ini dibuat hanya dengan biaya murah. Topeng tersebut dibuat berdasarkan bentuk wajah William Shatner. Ternyata tak susah untuk membuat topeng paling mengerikan di sepanjang sejarah perfilman horor Hollywood.

14. THE LORD OF THE RINGS

Celaka! Sir Ian McKellen yang berperan sebagai Gandalf dalam THE LORD OF THE RINGS ternyata tak bisa menunggang kuda. Alih-alih membuat adegan berkuda dengan CGI, sutradara memilih dua stuntmant untuk kemudian dirias mirip seperti Gandalf. Dan lagi tersedia berbagai ukuran stuntman untuk ukuran kuda yang berbeda.

15. THE AVENGERS

Terlepas dari tampilan akhirnya yang begitu menawan, THE AVENGERS ternyata masih percaya dengan penggarapan teknis yang rumit untuk hasil yang mewah. Salah satu yang digarap sedikit rumit antara lain adalah pertarungan Thor melawan Hulk.

16. INCEPTION

INCEPTION menjadi film Nolan yang dipuji-puji kritikus bukan saja karena jalan ceritanya yang bagus namun juga karena efek visual inovatif yang dihadirkan. Tahukah kamu bahwa Nolan lebih memilih merancang alat berat super besar untuk membantunya merancang adegan daripada menyewa ahli grafis untuk membuat adegan full CGI.

17. AVATAR

AVATAR adalah salah satu film yang punya teknologi grafis termutakhir. 90 Persen dari film adalah CGI. Lantas para aktornya? Mereka harus berakting full di layar hijau dengan menggunakan alat khusus di wajah mereka setiap harinya.


18. TITANIC

Ternyata pasangan Jack dan Rose dalam film TITANIC berjuang bertahan hidup di sebuah kolam renang karet untuk anak kecil. Kolam tersebut juga berisi air hangat demi menjaga para aktornya terserang masuk angin saat harus berakting di kolam besar.

19. Foto Tipuan Harrison Ford

Entah apa maksud dan tujuannya, Harrison Ford memasang foto dirinya bersama aktris BLADE RUNNER, Sean Young. Ia memasang fotonya dengan wajah aneh itu di situs MySpace. Penggemarnya yakin kalau itu adalah hasil photoshop karena ekspresi Ford terlalu aneh untuk seorang pria yang berfoto dengan aktris cantik.

20. Logo MGM

Sekadar hiburan. Tahukah kamu bagaimana cara menyuting singa sedekat itu untuk membuat logo MGM? Tentunya perlu trik dan trik khusus. Hingga saat ini pihak Studio belum pernah membocorkan sedikit pun tentang detil pembuatan logo ikonik ini.
 
 
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Label

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Blog Inter Aktif - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger