Home » , , , , , » Nanas Merah

Nanas Merah

Written By Yus Wanto on Minggu, 09 Desember 2012 | 21.55


nanas merah
Nanas merah adalah tanaman Herba yang mempunyai batang semu dengan tinggi 30 - 50 cm mempunyai batang dalam bentuk roset dengan pangkal yang melebar dan menjadi pelepah. Daun tunggal bentuk pedang, ujung lancip tepi berduri kecil dan tajam. Bunganya majemuk, bentuk malai terdapat di ujung batang berwarna ungu kemerahan. Buah berbentuk menyilinder, permukaan buah seperti sisik atau genting kecil yang tersusun rapi, warna hijau kekuningan sampai jingga. Daging buah berwarna putih kekuningan mengandung banyak cairan yang rasanya manis, asam, harum dan tidak berbiji.
  • Spesies Ananas comosus (Linn.) Merr.
  • Nama Inggris pineapple, ananas
  • Nama Indonesia nanas merah
  • Nanas berasal dari Amerika Selatan dan didomestifikasi sebelum masa Columbus. Pada abad ke16 orang Spanyol membawanya ke Philippines and Semenanjung Malaysia dan kemungkinan juga Indonesia. Sekarang tanaman ini meluas di seluruh daerah tropis dan subtropis. Industri pengalengan internasional dibangun di Thailand, Filipina, Malaysia dan Sumatra Utara juga di Hawaii, Brazil, Taiwan, Afrika Selatan, Kenya, Pantai Ivory, Mexico dan Puerto Rico.

Habitat hidup nanas merah

Tumbuh pada area dengan temperatur rata-rata 23—32°C. Pada elevasi yang tinggi buah menjadi lebih asam. Tanaman ini tahan terhadap kekeringan dan curah hujan yang optimal 1000—1500 mm per tahun. Tanaman ini menyukai drainase yang bagus pada tanah lempung berpasir dengan kandungan bahan organik yang tinggi dan pH 4.5—6.5.

Perkembang biakan atau cara memperbanyak nanas merah

Nanas diperbanyak dengan mahkota atau stek. Secara umum bahan penanaman yang baik digunakan untuk pertumbuhan dan pembuahan yang seragam. Untuk nanas yang ditanam untuk pasar buah segar dan dimana semua bahan tanam bernilai, campuran tipe tunas dapat digunakan. Propagasi vegetatif dengan tunas daun, dimana setiap satu buku dari mahkota atau sulur yang masak dapat memproduksi bibit merupakan teknik yang berguna untuk menyediakan lebih dari 40 bibit per tunas, terutama dari mahkota daunnya. Penanaman dengan kultur jaringan telah dikembangkan, terutama introduksi baru klon atau hibrid. Penanaman biasanya dalam 2 garis dengan parit yang lebar. Direkomendasikan berjarak (90 + 60) cm x 30 cm untuk `Singapore Spanish` artinya bahwa lebar parit 90 cm, 2 garis dalam satu pasang 60 cm dan tanaman pada masing-masing garis 30 cm, memberikan kerapatan 4.4 tanaman per m. Untuk `Masmerah` yang besar, jarak yang direkomendasikan (120 + 60) cm x 30 cm (3.7 tanaman per m2.; Di Thailand `Smooth Cayenne` berjarak (100 + 50) cm x 30 cm (4.4 tanaman per m2) di lahan kecil dan (85 + 50) cm x 25 cm (6 tanaman per m2) di lahan perkebunan yang besar. Hasil panen meningkat pada jarak yang lebih dekat, tetapi ukuran buah menurun. Dari hasil percobaan di Malaysia memperlihatkan bahwa jarak maksimum panen 60 t/ha, dan 72 000 tanaman per ha untuk `Singapore Spanish

manfaat tumbuhan nanas merah:

  • Di Filipina dan Taiwan, serat dari daun dibuat menjadi pakaian yang bagus. 
  • Buah nanas dicampur dengan kacang panjang, batang jahe muda, buah honje muda, tom/tarum dan tawas akan memberikan/menghasilkan warna hijau muda.
  • nanas merah juga diyakini sebagai obat tradisional untuk kesehatan reproduksi wanita
  • Nanas merah digunakan oleh tukang taman sebagai material pembuatan taman




Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Label

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Blog Inter Aktif - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger